Rabu, 15 Februari 2012

bukan bunda tak cinta, tapi tak bisa

Hari ini, 15 Februari 2012, ayra genap berusia 6 bulan.
Seharusnya untuk baby-baby normally en idealnya, ada 2 moment penting, yaitu wisuda sarjana asi dan mulai MPASI, gimana dengan ayra?
Dengan sedikit bersedih, bunda musti terima kenyataan, bahwa ayra tidak mencapai sarjana asi. Ayra ga bisa dapet asi exclusive (asi x) slama 6bulan pertamanya.
Sejak lahir, asiku belum kluar banyak meski sudah sukses lahiran normal n melakukan IMD, nah ayra kuning alias jaundice, aku ngotot mau asi x sampe musti buka front dengan papa, mama, dan mama mertua. Aku jelasin, tapi karna pengetahuanku yg ternyata masih sangat kurang (padahal aku rajin baca2, browsing2 dll selama hamil) akhirnya karena ga tega dan ngeliat mama mertua nangis2, serta tatapan ga tega dari suami, en papa mamaku, aku ijinkan rumah sakit kasih sufor, dan aku tetep terus susuin ayra.
Dari bilirubin 12 bisa turun jadi 11, setelah disinar 1 hari 1malam, akhirnya kami pulang. Ayra di rumah, full asi, tiap pagi dijemur, tapi aku tau, mata dan badannya menguning.
Sesuai arahan DSA ku, 2 hari kemudian ayra hasuk ceklab, dan feelingku bener, bilirubinnya jadi 16koma, harus dirawat dan disinar lagi.
Aku mompa dan dikirim ke rumah sakit, tapi tak cukup, asiku dikit banget. Sufor lagi deh. Tapi aku udah lebih tenang dan bisa menerima.
Alhamdulillah stelah 2hari, bilirubinnya jadi 7, aman tuk dibawa pulang, dan aku mulai bertekad full asi.
Tapi apa mau dikata, asiku tetap tak banyak, sudah konsultasi ke DSA laen, ke konselor laktasi, sampai minum obat (moloco dsb), jamu (lancar asi), sayur ijo (katuk, daun singkong, bayem, dll ampe eneg), tape ketan ijo, buah mangga, sari kurma, dll smua ga banyak merubah produksi asiku.
Alhamdulillah ayra sempet dapet tawaran donor asi dari temen aku, tapi sayangnya cuma bentar, tapi alhamdulillah, bisa asi sampe 3bulan usianya. Karena sang donor udah berhenti kasih asip, karna produksi ibu susu ayra ini juga mulai menipis. Sedih sih, tapi kita harus terima.
Akhirnya sejak saat itu, ayra yg minumnya banyak ini, mulai berteman dengan sufor lagi. Setiap hari asip perahan hari ini, diminum besok, masih harus ditambah 4 - 6 botol sufor lagi.
Dan makin lama memang minumnya makin banyak.
Alhamdulillah, aku masih terus mompa, meski hanya dapet 40ml, 50ml, 60ml, 70ml dst. Rekor tertinggi, pernah dapet 110ml, 1xpompa 2 pd.
Setiap tetes asi yang ada aku syukuri sebagai nikmat yg tak terkira.
Aku ga boleh egois, hanya karna ingin ayra jadi sarjana asi, trus bela2in cuma kasih ayra stok yg ada dan air putih. Aku singkirkan jauh2 pikiran itu.
Sebagaimana milis asiforbaby, kalau ternyata asi betul2 ga ada/kurang, alternatif terbaik ya tetap sufor. Bukan uht, bukan aer kacang ijo, apalagi air putih. Uht baru setelah 1tahun.
Alhamdulillah skarang bunda dinas ke bengkulu, tapi tetep mompa tuk ayra. Nanti bunda bawain oleh2 asip ya nak!
Hari ini, seharusnya ayra juga mulai MPASI, tapi bunda dan ayah putuskan tuk menunda 2hari. InsyaAllah, akan dimulai hari Jumat, setelah bunda pulang dari dinas.
Kata milis mpasirumahan, lebih baik mundur dari pada maju, takut pencernaannya belum siap.
Ayra, meski bunda ga bisa kasih asi saja tuk ayra, itu bukan karna bunda tak mau.
Ayra, meski hari ni ayra belum mulai makan, itu karena bunda ingin memberikan suapan pertama.
Ayra, meski bunda sedang berada jauh darimu, nama ayra tetap bunda sebut dalam doa2 bunda.
Jadi anak soleha ya nak, yang pintar, yang berbudi pekerti luhur, yang sehat dan ceria.
Ya Allah kabulkanlah doa dan harap kami, dalam umur panjang yang barokah, aamiin.
Berjuta cinta tuk ayra.
Bunda sayang ayra.
Bengkulu, 15 Februari 2012.


Powered by Telkomsel BlackBerry®

Tidak ada komentar:

Posting Komentar